lovelyblue14

lovelyblue14.wordpress.com

Artificial Intelligence

on January 16, 2015

            Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan diartikan sebagai cabang dari ilmu computer yang berhubungan dengan pengembangan computer (perangkat keras) dan program-program computer (perangkat lunak) yang mampu meniru fungsi kognisi manusia. Bibit AI pertama kali disebar hanya 2 tahun setelah General Electric menerapkan computer yang pertama kali digunakan untuk penggunaan bisnis, yaitu pada tahun 1956. Dan istilah AI pertama kali dibuat oleh John McCarthy sebagai tema suatu konferensi yang dilaksanakn di Dartmouth College. Pada tahun yang sama, program computer AI pertama yang disebut Logic Theorist diumumkan. Kemampuan Logic Theorist yang terbatas untuk berpikir mendorong para ilmuawan untuk merancang program lain yang disebut General Problem Solver (GPS), yang ditujukan untuk digunakan dalam memecahkan segala macam masalah. Proyek ini ternyata membuat para ilmuwan yang pertama kali menyusun program ini kewalahan, dan riset AI dikalahkan oleh aplikasi-aplikasi computer yang tidak terlalu ambisius seperti SIM dan DSS. Namun seiring waktu, riset yang terus menerus akhirnya membuahkan hasil, dan AI telah menjadi wilayah aplikasi computer yang solid.

         ELIZA salah satu program computer pertama yang mampu berkomunikasi dituliskan oleh Joseph Weinzenbaum ( dalam Solso Maclin dan Maclin, 2008) beberapa revisi atas ELIZA telah dibuat dari konsep aslinya. Pada suatu program spesifik, bernama DOCTOR, ELIZA mengambil peran seperti seorang psikiater. Computer diprogram untuk merespon beberapa kunci kalimat dengan respon yang hanyalah merupakan transformasi dari kalimat aslinya. Kekurangan ELIZA adalah tidak mempunyai kapasitas seperti manusia dalam hal pengetahuan perasaan, kecenderunga, dinamika kelompok, dan seterusnya, atau yang biasa kita sebut dinamika.

        PARRY adalah sebuah program yang mensimulasikan seorang pasien paranoid (Colby, Hilf, Weber, dan Kraemer, dalam dalam Solso Maclin dan Maclin, 2008). Mereka memilih seorang paranoid karena beberapa teori menyebutkan bahwa proses dan sistem paranoia memang ada, perbedaan respon psikotis dan respon normalnya cukup hebat, dan mereka bisa menggunakan penilaian dari seorang ahli untuk mengecek keakuratan dari kemampuan pemisahan antara respon simulasi computer dan respon manusia.

        NETtalk adalah suatu program berdasarkan pada jaring-jaring neuron. Program ini dikembangkan oleh Sejnowski di sekolah medis Harvard dan Rosenberg di Universitas Princeton (dalam ). Dalam program ini NETtalk membaca tulisan dan mengucapkan keras-keras dengan cara mengkonversi tulisan menjadi fonem-fonem, unit dasar dari suara sebuah bahasa. Model simulasi jaring neuron terdiri dari beberapa ratus unit (“neuron”) dan ribuan koneksi. Sistem ini memiliki 3 lapisan: lapisan input, dimana setiap unit merespon sebuah tulisan; lapisan output, dimana unit menampilkan ke 55 fonem dalam bahasa Inggris; dan sebuah lapisan unit tersembunyi, di mana setiap unit ditambahkan koneksinya pada setiap unit input maupun output.

          Sistem Pakar (Expert System) adalah program computer yang berusaha untuk mewakili pengetahuan keahlian manusia dalam bentuk heuristic. Istilah heuristic berasal dari kata Yunani “eureka” yang berarti “menemukan”. Heuristic adalah aturan yang menjadi patokan atau aturan untuk menebak dengan baik. Heuristic memungkinkan sistem pakar untuk berfungsi sedemikian rupa agar konsisten dengan keahlian manusia, dan menyarankan penggunanya cara memecahkan masalah. Karena sistem pakar berfungsi sebagai konsultan, tindakan menggunakan aplikasi ini disebut “konsultasi”.

         Sistem pakar dirancang oleh spesialis informasi (yang sering disebut insinyur atau knowledge engineer) yang memiliki keahlian khusus dalam bidang AI. Jaringan saraf Tiruan (neural networks) meniru fisiologi otak manusia. Jaringan ini mampu menemukan dan membedakan pola, sehingga membuatnya aman berguna dalam bisnis di wilayah pengenalan suara dan pengenalan karakter optis.

      Algoritme genetic (genetic algorithms) menerapkan proses “yang terkuat yang selamat” untuk memungkinkan para pemecah masalah agar menghasilkan solusi masalah yang semakin baik. Contoh, banker investasi dapat menggunakannya untuk memilih portofolio investasi yang terbaik bagi kliennya.

      Agen Cerdas (intelligent agent) digunakan untuk melakukan tugas yang berkaitan dengan computer yang berulang-ulang. Salah satu contoh adalah penggalian data, dimana penemuan pengetahuan memungkinkan sistem gudang data untuk mengidentifikasi hubungan data yang sebelumnya tidak dikenal.

Model Sistem Pakar 

Featured image

      Sistem pendukung pengambilan keputusan kelompok atau group decision support system (GDSS) adalah sistem berbasis computer yang membantu sekelompok orang melakukan tugas (mencapai tujuan) yang sama dan memberikan antar muka untuk digunakan bersama. Istilah lain yang juga digunakan untuk aplikasi teknologi informasi ke dalam suatu kelompok antara lain sestem pendukung kelompok (gropu support system – GSS ), kerja sama bantuan computer (Computer supported cooperative work – CSCW), dukungan kerja bantuan kolaboratif terkomputerisasi (computerize collaborative work support), dan sistem pertemuan elektronik (electronic meeting system – EMS). Peranti lunak yang digunakan dalam situasi-situasi seperti ini diberi nama groupware.

Contoh Kasus :

Kecerdasan buatan dapat membantu dokter untuk menganalisa unsur-unsur genetic, penyakit dan obat yang dibutuhkan

Daftar Pustaka

Jr, R. M., & Schell, G. P. (2008). Sistem Informasi Manajemen, Edisi 10 . Jakarta : Salemba Empat .

Solso, R. L., Maclin , O. H., & Maclin, M. K. (2008). Psikologi Kognitif Edisi Kedelapan . Jakarta : Erlangga .


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: