lovelyblue14

lovelyblue14.wordpress.com

Arsitektur Komputer dan Struktur Kognitif Manusia

on January 16, 2015

1.      Arsitektur Komputer dan Struktur Kognitif Manusia

         Arsitektur computer adalah suatu interupsi yaitu sinyal dari luar atau yang penting yang terjadi di dalam komputer seperti atau atribut–atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Pada arsitektur computer, ada empat bagian utama yang bekerja sama antar satu dengan yang lainnya, yaitu ALU (Arithmatic and Logic Unit), Memory, Central Unit serta alat input dan output (I/O).

         Struktur kognisi dipahami sebagai perilaku kognitif yang didasarkan pada jenis-jenis pengetahuan tertentu. Struktur kognisi terdiri dari dua suku kata, yaitu struktur dan kognisi. Menurut kamus bahasa Indonesia, struktur adalah cara sesuatu disusun atau dibangun dengan pola tertentu. Selanjutnya, kognisi adalah kegiatan atau proses memperoleh pengetahuan (termasuk kesadaran, perasaan, dsb) atau usaha mengenali sesuatu melalui pengalaman sendiri.

         Dari pengertian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa struktur kognisi manusia adalah suatu pola atau skema tentang kegiatan manusia.

a.       Kaitan antara Struktur Kognitif Manusia dengan Arsitektur Komputer

         Setiap kegiatan yang manusia lakukan pasti memiliki pola, mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali. Pola kegiatan manusia ini biasanya berupa Sama halnya dengan arsitektur computer. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa arsitektur computer atribut–atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer, yaitu seperti saat computer mulai dinyalakan, terdapat interupsi-interupsi yang dilakukan oleh computer tersebut.

       Pandangan kognitif dalam bidang informasi dianggap berbeda dari pandangan kognitif tentang kerja otak manusia. Dalam konteks informasi, pandangan kognitif menekankan pada pengembangan model pemrosesan informasi dalam kerja otak dan kesadaran manusia.

      Teori kognitif lebih menekankan bagaimana proses atau upaya untuk mengoptimalkan kemampuan aspek rasional yang dimiliki oleh orang lain. Oleh sebab itu kognitif berbeda dengan teori behavioristik, yang lebih menekankan pada aspek kemampuan perilaku yang diwujudkan dengan cara kemampuan merespons terhadap stimulus yang datang kepada dirinya.

         Jadi, kaitannya adalah kedua hal tersebut sama-sama bertujuan untuk mengoptimalkan suatu kemampuan. Jika struktur kognisi mengoptimalkan kemampuan aspek rasional, arsitektur computer mengoptialkan kemampuan computer tersebut.

b.      Kelebihan dan Kelemahan  Arsitektur Arsitektur Komputer Dibandingkan dengan Struktur Kognisi Manusia

Kelebihan :

Komputer dapat melakukan operasi matematika dan logika dengan sangat cepat, yang pada umumnya tidak mampu dilakukan manusia dengan baik. Contohnya saja manusia diminta untuk menghitung pangkat dari 2,35 maka akan diperlukan waktu beberapa menit untuk mengetahui hasilnya tetapi beda dengan komputer yang bisa memberi jawaban dengan hitungan detik.

Kekurangan

Komputer tidak melakukan apa yang manusia lakukan seperti menyusus generalisasi, membuat kesimpulan, memahami pola-pola yang kompleks, dan tidak mempunyai emosi. Contoh manusia lebih unggul dari komputer dalam mengenali wajah, komputer dapat mengenali wajah jika wajah itu telah diprogramkan ke dalam databasenya apabila belum memasukkan data ke dalam database maka komputer tidak dapat mengenali wajah.

Contoh Kasus

Pada zaman ini teknologi sangat canggih dan hebat. Manusia setiap harinya pasti selalu bergantung dengan teknologi seperti untuk mengerjakan tugas-tugas, hiburan, dan lain-lain. Contohnya saja perkembangan komputer yang sangat cepat, komputer yang awalnya mempunyai bentuk yang sangat besar lalu diminimalkan menjadi monitor tetapi tidak puas juga sehingga dibuat monitor yang flat. setelah flat lalu dibuat lah laptop yang seperti saat ini banyak dipakai.

Analisa

Pada contoh kasus diatas dapat dianaisis bahwa struktur kognitif manusia lebih unggul dari arsitektur computer. Dengan kognisi manusia yang baik, manusia dapat membuat system yang terdapat di computer. Dengan kemampuan manusia yang dapat membuat computer hingga sekarang menjadi laptop adalah kelebihan dari struktur kognisi manusia yang tidak dimiliki oleh arsitektur computer.

Sumber :

Pangera, A. A., (2005). Sistem Operasi. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET

Setyawan, A., & Riadi , I. (2013). Aplikasi Multimedia Pembelajaran Tentang Memori Menggunakan Adobe Flash. Jurnal Sarjana Teknik Informatika, 1, 181-190.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: