lovelyblue14

lovelyblue14.wordpress.com

Sistem Informasi Psikologi

on October 23, 2014

Sistem Informasi Psikologi

1.    Informasi

         Menurut Kusrini dan Koniyo (2007)  pengertian informasi adalah data yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi pengguna, yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendukung sumber informasi. Sedangkan menurut Martini, Tanjung, dan Prabowo (2006) informasi merupakan data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi penerima dan mempunyai nilai nyata bagi pengambilan keputusan-keputusan saat ini atau waktu yang akan datang. Selanjutnya, menurut Amsyah (2005) informasi adalah data  yang sudah diolah, dibentuk, atau dimanipulasi sesuai dengan keperluan tertentu.

           Dari 3 tokoh diatas, maka dapat disimpulkan bahwa informasi adalah data yang sudah diolah, dibentuk, atau dimanipulasi sesuai dengan keperluan tertentu dan penting serta bermanfaat bagi pengambilan kepututusan-keputusan saat ini atau akan datang.

             Sebelum menjelaskan tentang bagaimana informasi dapat berinteraksi dengan sistem, saya akan menjelaskan beberapa pengertian tentang sistem. Menurut Fatta (2007) sistem adalah kumpulan dari bagian-bagian yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama. Selanjutnya, Murdick dan Ross (dalam Fatta, 2007) mendefinisikan sistem sebagai seperangkat elemen yang digabungkan satu dengan yang lainnya. Sementara sistem dalam kamus Webster’s Unbriged (dalam Fatta, 2007) mendefinisikan sistem adalah elemen-elemen yang saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan atau organisasi.

          Dari beberapa penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa sistem adalah kumpulan atau elemen-elemen dari bagian-bagian yang bekerja yang digabungkan dan saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan untuk mencapai tujuan yang sama.

          Dari penjelasan diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa informasi adalah  data yang sudah diolah, dibentuk, atau dimanipulasi sesuai dengan keperluan tertentu dan penting serta bermanfaat bagi pengambilan kepututusan-keputusan saat ini atau akan datang. Sedangkan sistem adalah kumpulan atau elemen-elemen dari bagian-bagian yang bekerja yang digabungkan dan saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan untuk mencapai tujuan yang sama.

2.  Sistem Informasi Psikologi

          Seperti yang sudah dijelaskan diatas, sistem informasi dapat didefinisikan sebagai suatu alat untuk menyajikan informasi dengan cara sedemikian rupa sehingga bermanfaat bagi penerimanya. Sedangkan psikologi sendiri terdiri dari 2 suku kata, yaitu Psyche yang berarti jiwa dan logos yaitu ilmu pengetahuan. Maka dapat disimpulkan bahwa psychology dapat diartikan sebagai ilmu pengetahuan tentang jiwa. Menurut Branca (dalam Basuki, 2008) Psikologi merupakan ilmu pengetahuan tentang perilaku manusia.

          Menurut beberapa pengertian diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa definisi sistem informasi psikologi adalah suatu alat untuk menyajikan informasi dengan cara sedemikian rupa sehingga bermanfaat bagi penerimanya yang berhubungan dengan perilaku manusia. (kusrini & kuniyo, 2007)

          Menurut pendapat saya penggunaan sistem informasi dalam psikologi sudah dapat dipakai oleh beberapa biro / konsultan psikologi seperti untuk scoring beberapa test psikologi seperti tes intelegensi sudah mempunyai aplikasi (software) tersendiri sehingga bisa menggunakan computer agar mempermudah scoring.

Contoh Kasus :

Sekarang ini banyak sekali aplikasi computer yang bisa digunakan dalam bidang psikologi. Dan juga ada beberapa aplikasi yang memunculkan beberapa pertanyaan dan hasilnya adalah tentang kepribadian kita.

Analisis :

Dari contoh kasus diatas, dapat dianalisis bahwa aplikasi tersebut dapat mepermudah manusia dalam menscoring. Karena jika tidak menggunakan aplikasi, akan memakan banyak waktu, tenaga dan biaya. Namun, tidak sepenuhnya hasil dari aplikasi tersebut valid, karena bisa saja terjadi error.

Sumber :

Amsyah , Z. (2005). Manajemen Sistem Informasi . Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Basuki, H. (2008). Psikologi Umum . Jakarta: Universitas Gunadarma .

Fatta, H. A. (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern . Yogyakarta : Andi.

kusrini, & kuniyo, A. (2007). Tuntutan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi Dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server. Yogyakarta: Andi.

Martini, Tanjung, H., & Prabowo, H. (2006). Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Grasindo.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: